banner image banner image

Sejarah dan Tujuan

Jendela 4/14

Dr. Luis Bush, pendiri Inisiatif Jendela 10/40 di tahun 90-an, mengembangkan inisiatif baru di awal abad ini. Namanya adalah Jendela 4/14. Inisiatif yang pertama memilih daerah geografis di dunia, antara 10 dan 40 derajat lintang dimana terletak jumlah penduduk yang besar yang belum mengenal Tuhan Yesus Kristus. Banyak pekerjaan misi yang telah dilakukan oleh organisasi misi untuk menjangkau orang-orang yang tinggal di jendela kesempatan ini.

Jendela 4/14 memilih golongan demografis orang-orang antara usia empat dan empat belas, usia dimana 85% orang yang menerima Tuhan Yesus membuat keputusan untuk terus mengikuti Dia. Karena anak-anak dan anak-anak muda sangat siap untuk bertumbuh secara spiritual, gerakan Jendela 4/14 berusaha untuk menjangkau mereka untuk kepentingan Injil Tuhan dengan menggunakan berbagai macam cara dan pendekatan.

Salah satu jalan yang ditempuh oleh Inisiatif Jendela 4/14 adalah Jalan Keluarga, tujuan utama kami adalah membantu para orang tua dalam mewariskan iman mereka kepada anak-anak mereka. Tantangan Keluarga yang dipaparkan di situs ini adalah salah satu cara untuk memberi semangat kepada para orangtua untuk menjadi pemimpin spiritual di rumah mereka. Situs ini tidak memusatkan perhatian pada satu organisasi, tetapi memberi bantuan informasi kepada para orangtua tentang nara sumber dari beberapa organisasi yang ada.

Kitab Suci

Tiga bagian dari Tantangan Keluarga adalah penerapan firman Tuhan di Ulangan 6. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dasar-dasar firman Tuhan ini:

Perhatikan persamaan antara orang-orang beriman di Perjanjian Lama yang siap memasuki tanah perjanjian dan generasi kita saat ini. Mereka sangat mencintai Tuhan, membangun keluarganya dan siap dan ingin dipakai oleh Tuhan. Pada saat yang bersamaan, mereka membesarkan anak-anak mereka di lingkungan dunia dan mereka menginginkan anak-anak mereka mengikuti Tuhan. Dengan latar belakang inilah Tuhan berfirman sebagai berikut:

1: Anda, sebagai orangtua, ikuti Aku. Perintah yang Kuberikan hari ini akan tertanam di hatimu. Ulangan 6:6. Tugas pertama para orangtua adalah mengasuh murid-murid Tuhan Yesus.

2: Perhatikan dalam ayat-ayat berikutnya bagaimana tiga bagian Tantangan Keluarga diajarkan.

Bangunlah Hubungan Relasional – Ajarkanlah Firman Tuhan – Praktekkan Iman

Jangan sekali-kali melupakan perintah-perintah yang saya berikan kepadamu hari ini. Ajarkanlah kepada anak-anakmu. Hendaklah kamu membicarakannya di dalam rumah dan di luar rumah, waktu beristirahat dan waktu bekerja. Ikatkanlah pada lenganmu dan pasanglah pada dahimu untuk diingat-ingat. Tuliskanlah di tiang pintu rumahmu dan di pintu gerbangmu.” Ulangan 6:6-9

Tantangan Keluarga adalah penerapan Firman Tuhan dalam bentuk praktis. Melalui hubungan relasional pribadilah nilai-nilai itu diajarkan. Inilah rencana Tuhan.

Tantangan Keluarga

Tujuan situs ini adalah untuk memberi semangat pada para orangtua untuk mengajarkan iman mereka kepada anak-anak mereka melalui dua cara:

1. Mengumpulkan data dari berbagai daerah tentang siapa saja yang mengikuti Tantangan Keluarga. Data ini akan diletakkan di peta dunia untuk membantu orang-orang lain melihat para orangtua di seluruh belahan dunia berketetapan untuk mengajarkan iman mereka kepada anak-anak mereka.

2. Memberikan tempat dimana para orangtua dan penyedia nara sumber dapat memberikan rekomendasi untuk membantu para orang tua mengajarkan iman mereka kepada anak-anak mereka. Ketika para orangtua memberikan usulan mengenai nara sumber, yang lain akan dapat melihat apa saja yang tersedia di dunia luar. Penyedia nara sumber juga akan memberikan informasi dan rekomendasi cara-cara mengajarkan iman dari orangtua ke anak-anak.

Terima kasih atas partisipasi anda di situs ini dan di dalam misi ini.

Silahkan membaca daftar organisasi yang mendukung Tantangan Keluarga 4/14 dan situs ini.